Butuh Waktu 10 Tahun...

Posted by Tembra Variantoro Sunday, January 15, 2012
Ups, bukan, ini bukan postingan bertema serius kok :)
Malah, tema post ini bener-bener sangat santai. (:

Kisah ini dimulai ketika saya berusia 7 tahun, ketika orang tua saya membelikan ini:

Sebuah SEGA Mega Drive!

Konsol game pertama saya, yang belinya pun dengan penuh perjuangan! (kalo ngga ranking di kelas, ngga mungkin dapet :p)

Tentu saja, untuk main Sega, tidak sekedar punya konsolnya aja, tapi juga mesti punya kasetnya. Dan dalam riwayat saya bermain Sega, terhitung saya cuma punya 4 kaset. Selebihnya minjem :p Kebetulan salah seorang temen ada yang punya setumpuk kaset Sega XD. 

Soalnya, seinget saya, dulu kaset Sega itu lumayan mahal. Mungkin karena bentuknya yang susah dibajak. Ngga seperti CD Playstation yang begitu mudahnya dibajak :p.

Sekadar nostalgia, bentuk kaset/cartridge Sega adalah seperti ini:
Kotak, dan keras. Lumayan untuk dibuat nimpuk :p

Dan inilah game Sega "terseru" yang pernah saya mainkan:



Quackshot Starring Donald Duck!

Game ini mengisahkan tentang Donal yang menemukan potongan peta harta karun dan kemudian berusaha mencari hartanya. Nantinya potongan peta akan berkembang lebih jelas hingga harta ditemukan :D
Selama petualangan, Donal bersenjatakan plunger (penghisap toilet! XD). Setiap musuh yang terkena plunger akan membeku selama beberapa detik. Dan ngga hanya itu aja. Nantinya plunger itu akan diupgrade sehingga bisa digunakan untuk memanjat dan menumpang terbang pada burung XD.

Lalu, dimana sisi paling serunya? Justru hal yang paling "seru" adalah game ini berbahasa Jepang! ._.

Tega bener deh, penjual kasetnya.. Ngga bilang-bilang dulu.. Kalo udah begini kan jadinya seisi rumah ngga ada seorang pun yang ngerti. Walhasil, game ini pun dibiarkan begitu saja, ngga pernah dimainkan lagi...

****

Enam tahun berlalu, uh-oh, saya sudah jadi anak SMP! Setelah sekian lama melupakan konsol ini, saya menemukan SEGA lama saya, tersembunyi dibalik tumpukan barang. Saya angkat ia, kemudian saya usap dengan penuh kasih sayang.. (oke, mulai berlebihan)
Singkat kata, saya pun mencoba untuk memainkan Quackshot lagi. Kali ini dengan kreativitas seorang anak SMP yang mencoba segala macam cara.

Dan, eh, saya berhasil!

Selama ini saya stuck setiap kali menyelesaikan satu zone karena saya ngga tau gimana caranya pindah ke zone lainnya XD.

Dan ternyata mudah saja, cukup dekati bendera yang muncul di tiap akhir zone, tekan Start, kemudian Call The Airplane.

Terlihat mudah? Iya, karena screenshot diatas sudah berbahasa Inggris. Sementara yang dulu saya punyai berbahasa Jepang. Dulu aja bisanya cuma karena kebetulan, asal pencet XD.

Game pun berlanjut, saya mulai mengerti bahwa di setiap zone, saya mendapatkan item yang bisa digunakan untuk mengunlock zone lainnya. Sebenernya ngga terlalu mengerti juga sih.. Sekali lagi, asal pencet XD.

Game terus berkembang. Hingga saya menjumpai level ini..
Pada level ini, saya harus memecahkan urutan tile yang harus ditekan untuk menghentikan atap yang runtuh. Ada 4 tile: Matahari, Awan, Bintang, dan Bulan. Jika kombinasinya salah, sama sekali ngga bisa direset. Ya pada akhirnya life pun harus berkurang karena Donal tertimpa atap.. ._.

Huoh, ini masalah!
1. Ngga ada memory card pada SEGA > artinya, ngga bisa di-save load. Dan ngga ada sistem password pada game ini. Artinya, kalau misalnya game over, ya mesti ngulang lagi dari awal T.T
2. Setiap kali salah menekan kombinasi > kehilangan satu life. Padahal ada 4 buah tile yang harus dipecahkan urutannya... Permutasi dari  4 -> 4! = 4 x 3 x 2 x 1 = 24 macam kemungkinan! 
3. Sementara itu, life yang tersisa ketika mencapai level ini biasanya hanya berkisar diantara 2-3 lifes. Artinya, paling sial, saya harus mengulang game sebanyak 24/3 = 8 kali untuk menemukan kombinasi yang tepat. Padahal level ini sudah cukup jauh, sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat mencapainya.. ._.

Susah ah.. Buang waktu ya? Jadi ya mari kembali ke kehidupan anak sekolah biasa.. :"> XD

****

Tahun demi tahun berlalu. 
Dan wow, saya sudah menjadi anak kuliahan ;)

Saya sedang iseng-iseng browsing ketika saya menemukan EMULATOR SEGA. Perhatian saya pun teralih, ingin nostalgia! XD
Game SEGA begitu kecil dan ringan di komputer. Dan, ah ya, saya teringat kembali dengan Quackshot!
Saya pun mendownload ROM Quackshot, dan subhanallah.. berbahasa Inggris!

Kebuntuan saya sewaktu SMP terjawab..
Ternyata saya harus membaca gulungan tua untuk mendapatkan kombinasi yang tepat..


Sun Moon Star.
Matahari Bulan Bintang!
Aih, betapa indahnya bermain dengan game bahasa Inggris.. :')

LEVEL CLEARED!!

Game terus berkembang.. Dan kali ini, setiap kali saya kesulitan, saya memiliki partner setia yang siap menjawab segala pertanyaan, om google.

Hingga akhirnya, tanggal 28 April 2009...

TAMAT



XD XD XD XD XD XD XD

Butuh waktu 10 tahun lebih untuk menuntaskan game ini..

Puas!!! XD



part of scheduled army.
please see the disclaimer here.

1 comments:

  1. Anonymous Says:
  2. kamu orang yang tekun ya... sukses ya.

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)