Ceritakan Padaku Tentang Cita-citamu

Posted by Tembra Variantoro Friday, April 29, 2011
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh kebimbangan diri yang nyaris menjadi mahasiswa tingkat akhir ini. Hampir tiga tahun berkuliah di Fasilkom UI, pertanyaan besarnya adalah, apa cita-citaku?
Bukan, bukan jawaban serupa "mencari ridhoNya dan menggapai surgaNya." Hal semacam itu selaiknya seperti oksigen, ada dimana-mana.

Aku mengharapkan jawaban yang lebih spesifik: profesi. Apalagi sebentar lagi aku akan menuntaskan perkuliahan, dan selamat datang dunia profesional. A more complex situation, dunia yang lebih dewasa.

Aku tersadar, bahwa dahulu aku mengawali perkuliahan tanpa cita-cita profesi yang spesifik dan jelas. Hanya sebuah cita-cita besar; terlampau luas, sehingga tak ada hal spesifik mengenai jalan yang ingin ditempuh.

Sedikit bernostalgia, pada dasarnya ahli komputer bukanlah salah satu cita-cita masa kecilku.

Cita-cita masa kecilku berputar sekitar ini,



sumber gambar:
http://www.nytimes.com/2008/08/15/science/15sahara.html
http://scienceblogs.com/startswithabang/2009/05/remember_them_this_memorial_da.php

Sama sekali tak ada yang berhubungan dengan komputer!

Arkeologi tentunya berkutat seputar discovery dan penyusunan teka-teki masa lalu dari artefak. Dahulu aku begitu berambisi untuk memetakan sejarah masa lalu dengan lebih jelas dan lebih akurat. Cita-cita besarku saat itu adalah memberikan gambaran keterkaitan dan runtutan peristiwa antara masa jurassic (dinosaurus) dengan masa manusia pertama (munculnya Nabi Adam AS). Aku jelas menolak teori evolusi yang dikemukakan Darwin. Pasti ada penjelasan yang lebih ilmiah yang bisa dikemukakan!
Kemudian aku juga ingin mengungkapkan proses penyebaran anak-anak Adam di muka bumi, sehingga manusia dapat berada di segala penjuru. Kemudian mengajukan bukti bahwa kesemua manusia di dunia ini berasal dari Ayahanda Adam dan Ibunda Hawa.

Astronot pun serupa. Tujuannya adalah meliput alam semesta yang begitu luas. Menguak misteri-misteri didalamnya. Menguak kesempurnaan aturanNya. Cita-cita besarku adalah untuk menemukan bentuk kehidupan lain di bagian alam semesta selain bumi. Bagaimanakah cara mereka berpikir, bertindak? Siapa yang mereka sembah?

Bagaimana dengan detektif? Aku sangat ingin membongkar segala konspirasi tingkat tinggi yang terjadi di dunia. Menguak segala kebohongan dan kedustaan besar. Menggoreskan sejarah-sejarah saat ini dengan sebagaimana mestinya. Tujuan gila lainnya adalah, jika kelak aku menemui bukti bahwa tak ada konspirasi disengaja antar manusia, aku akan mengajukan pemikiran bahwa iblis dan setan lah yang telah mengatur konspirasi di tengah-tengah manusia, sehingga kebusukan bisa sedemikian tertata rapi dan rapat.

Firefighter? Motif yang kuingat adalah menyelamatkan nyawa orang. Selebihnya, aku benar-benar tak ingat kenapa dahulu aku sempat bercita-cita sebagai pemadam kebakaran. Hehehe.

Kusarikan kumpulan cita-cita usangku itu- diluar cita-cita pemadam kebakaran; aku menemukan sebuah persamaan diantaranya: sejak kecil, aku sudah tergila-gila dengan pemecahan misteri dan penemuan sesuatu.

Bagaimana dengan kini?

Sungguh aku telah mengerdilkan cita-citaku dengan kata "meraih ridhoNya dan surgaNya". Itu bukan cita-cita! Sekali lagi, itu sudah selayaknya seperti oksigen, ada dimana-mana. Dimanapun aku berada, apapun yang aku lakukan, kapanpun waktunya, seharusnya kata-kata itu selalu ada.
Terpikirkan segala hal itu. Tak mungkin terus begini; mengharapkan keajaiban bahwa kelak Tuhan akan menunjuki jalan. Aku harus turut membuka jalan, dan memilih rute yang akan ditapaki.

Tuhan menentukan segalanya, namun manusia tetap dapat merencanakan hidupnya.
Dengan rencana dan tujuan lah, hidup manusia menjadi lebih terarah.

Aku telah memiliki modal passion sejak kecil: menemukan sesuatu atau memecahkan sesuatu.
Digabung dengan bidang minat komputer yang kusukai saat ini :
web designing, search engine optimization, blogging
database designing
encryption and computer security
problem solving

Aku masih terus memikirkannya, sambil terus menyerap ilmu dan pendapat dari dunia.
Aku masih terus merancangnya, dan akan terus mengusahakannya.

Inilah ikhtiarku. Ya Rabb, bimbinglah aku untuk menemukan jalan yang aku sendiri tak akan pernah bisa menemuinya tanpa ketetapanMu...

Mudah-mudahan, paling lama dalam jangka waktu paling lama satu tahun, aku telah menemui sebuah jalan terang.

Amin..
:)

-----
Bagaimana denganmu? Sudahkah engkau menetapkan apa yang akan kau lakukan dalam hidupmu?

8 comments:

  1. salzooo Says:
  2. gue beluuuum T______T iyanih temb tinggal setahun lagi mau jadi apa ya.. gw msh pengen jadi arsitek =___= kacau

  3. Anonymous Says:
  4. nothing..tak ada yang bisa ku lakukan dunia ini..hidup yg tak punya tujuan dan rencana untuk masa depan..hihihi.xd

  5. swiki Says:
  6. cie yang bentar lagi kelar kuliahnya. menurut lo tem, kalo ditanya cita2, itu yang sesuai sama keprofesian atau yang jadi hobi (dan di luar keprofesianv kuliah )?

  7. nuraeni Says:
  8. cita-cita ku ingin jadi dokter,
    do'akan aku yach semoga tercapai do'a kalian
    sungguh berarti buat ku..

  9. @salz : kita sama-sama sedang mencari sals. Mudah-mudahan pencarian ini dimudahkan :)

    @anon: cobalah untuk mulai mencarinya, belum terlambat untuk itu.. Saya doakan, mudah-mudahan kamu berhasil menemukannya :)

    @wii: kalo menurut saya, idealnya sih cita-cita itu sesuai dengan hobi/passion yang kita miliki. Tapi bukan berarti keprofesian dari kuliah ngga bisa jadi passion kita kan? Rasanya sayang kalo ilmu yang didapat dari kuliah nantinya ngga digunakan.. :D

    @nuraeni: amin.. mudah-mudahan kamu berhasil mencapainya :)

  10. Fatma Janna Says:
  11. Saya nak menjadi jurutera petroleum ^^

  12. Kok jarang keliatan di kampus kak? :)

  13. @fatma: amin.. mudah-mudahan segera tercapai dan bisa jadi jurutera petroleum yang profesional.. ^^
    *btw, jurutera itu apa yak? XD*

    @satriya: sekarang cukup keliatan kan? :)

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)