Belanja Online!

Posted by Tembra Variantoro Saturday, April 2, 2011
Kondisi saat itu sedang sibuk. Mau beli barang aja rasanya sulit banget. Ditambah lagi dengan keawaman tentang kemana harus dituju untuk membeli barang tertentu. :">

Hmm.. Terpikirkan satu hal: kenapa ngga belanja online aja?

Pilihan belanja online saya pun jatuh ke FJB Kaskus.
Soalnya, FJB ini terkenal dengan harga yang "kaskus banget". Murah! :D

Dan ini adalah rangkuman pengalaman-pengalaman pertama saya berbelanja via internet...

1.
Komputer ini butuh dibackup beberapa datanya demi mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Salah satu solusi backup yang murah dan mudah adalah dengan menggunakan media compact disc. Dan untuk keperluan backup, tentu saja mutlak harus menggunakan CD yang berkualitas lebih. Jika tiga-empat kali putar langsung rusak, itu kan menyedihkan. Dan katanya, CD-CD yang berkualitas "lebih" diantaranya adalah CD yang bermerk Verbatim, Maxell atau Sony.

Cari-cari di FJB kaskus, search sana search sini, akhirnya saya menemukan CD SONY dengan harga yang cukup miring. 1500 per keping, untuk pembelian 100 keping. Biasanya, kalo harus beli eceran, harganya mencapai 2500 per keping. Lumayan lah :3

Terjadilah kesepakatan pengiriman via JNE. Penjualnya berdomisili di Jakarta, jadi biaya pengiriman cuma 5000/kilogram.

Seratus enam puluh ribu rupiah, transfered.
Luar biasanya, agan yang satu ini cepat tanggap dalam memproses pemesanan. Saya kirim uang jam enam sore, dia langsung kirim via JNE jam 19.00, dan sampai dengan selamat di rumah besok siangnya :D

n.b: selain membackup sendiri, ada baiknya kita juga membackup  data-data secara online :D
-----

2.
Saya membutuhkan headset/earphone/headphone. Karena ngga etis rasanya memutar file audio kencang-kencang di area Fasilkom :p. Padahal, sangat lumayan kan sambil ngerjain sesuatu, sambil mendengarkan sesuatu pula. Menambah semangat dengan mendengar soundtrack-soundtrack anime, atau syukur-syukur menambah hafalan dengan mendengar murattal ayat-ayat Al Quran :">.

Pertanyaan pertama adalah: apa yang hendak saya beli: earphone, headphone, atau headset?

Earphone itu adalah tipe yang speakernya dipasang langsung ditelinga. Paling praktis dan gampang dibawa kemana-mana. Ada dua jenis: earbuds dan In Ear Monitoring (IEM)Earbuds itu yang langsung dicantolin di telinga. Sedangkan IEM, sebenarnya mirip dengan earbuds, hanya saja IEM lebih masuk kedalam telinga (sampai masuk ke kanal telinga):



Headphone itu adalah tipe yang speakernya menutupi seluruh telinga. Paling nyaman dipakai dan paling bisa menutupi suara berisik di sekitar :D. Penggunaannya dipasang di kepala, seperti bando (menggunakan headband). Wikipedia English menyebutnya dengan nama circumaular headphone.


Backphone adalah tipe yang penggunaannya dipasang di bagian belakang (back) kepala. Ukuran speakernya medium, tak sebesar headphone, namun juga tak sekecil earphone. Wikipedia English menyebutnya dengan nama supra-aural headphone.

Sedangkan kalau Headset merupakan headphone/backphone yang dikombinasikan dengan microphone.

-------
Akhirnya pilihan pun jatuh kepada headphone, mengingat penggunaannya kelak cuma di area kampus, dan ngga dipakai saat sedang di jalan.

Lagi, search sana search sini di FJB Kaskus, saya pun menemukan fakta bahwa merk dan harga headphone itu benar-benar bermacam-macam ._. Baiklah, prinsip yang diambil sederhana saja: cari yang paling murah~! xD

Akhrnya pilihan pun jatuh ke headphone ini:

HEADPHONE MIXSTYLE
- Jack 3,5 mm
- Sensitivity : 99 dB
- Frequency response : 500 ~ 20000 Hz
- Power handling capacity : 0,2 W
- Impedance : 32 Ohm
- Mass : Appro. 160 g
- Length of the cord : 50 cm
- Length of the extension cord : 150 cm
PRICE: Rp 35.000!!

Oh wow. Padahal headphone asli yang dikeluarkan Jepang harganya mencapai US$49.99 ^^;
Dan baru-baru ini, seorang teman membeli headphone yang sama di kios sekitar UI dengan harga Rp 50.000.. XD

Berawal dari sini, saya mengenal istilah KW alias tingkat kualitas barang bajakan.
Jadi, untuk setiap barang asli yang dikeluarkan brand tertentu, biasanya ada pihak-pihak tertentu yang membuat bajakannya. Dan kualitas barang bajakan itu dibagi-bagi  menjadi beberapa tingkat.

KW Super - Barang berlabel KW Super adalah barang bajakan yang penampakannya, bahan pembuatannya, sampai terkadang segala fiturnya dibuat mirip menyerupai yang asli. Seperti duplikatnya, hanya saja dengan harga yang jauh lebih murah. 
KW 1, 2, ..., ∞ - Nah, kalau yang ini, kemiripan dengan barang aslinya mulai berkurang. Ada fitur-fitur yang dikurangi, atau menggunakan bahan produksi yang lebih murah.  Semakin tinggi angka KWnya, semakin mengerikan pula kualitasnya.

Entah bagaimana dengan headphone yang hendak saya beli ini. Yang penting murah. :-d

Dan yang paling membuat saya tertarik adalah penjualnya bisa COD (Cash on Delivery) di daerah Jatinegara. Dia buka toko di dalam gedung Pasar Mester dan biasanya jaga disana dari pagi hingga menjelang malam.

Bisa sekalian berangkat ke kampus, bisa cek barang langsung, dan bebas biaya delivery nih :3

Dan jadilah saya, setelah sekian lama, mengunjungi Pasar Tradisional. Sendirian lagi. ._.

Setelah berkeliling mencari, saya pun mendapati toko sang penjual.... yang ternyata adalah toko sepatu. ( '. ' )
Ternyata, orang ini jualan di Kaskus cuma sekedar iseng-iseng aja. Dia sendiri ngga punya toko aksesoris ataupun toko elektronik. Cuma nyetok barangnya aja.. Cuma.... iseng...

Duh, jadi ingin mengembangkan usaha jualan online.... ._.

Singkat kata, headphone yang saya beli itu cukup berkualitas. Tulang headbandnya ngga tipis; busanya tebal dan nyaman; serta yang terpenting suara yang dihasilkan cukup memuaskan telinga saya.

Dan setelah melihat penjelasan-penjelasan ini:

sumber gambar:
http://www.forum-jualbeli.com/aksesoris-perangkat-lainnya/1130-jual-headphone-mixstyle-stereo-portable-mac-macbook-laptop-desktop-windows-bb.html
http://i896.photobucket.com/albums/ac167/dennykeren/mixstyle/bedakw1-kw2a.jpg


Saya bisa menyimpulkan, kalau headphone yang saya beli ini mirip dengan KW Super ^.^
-----

Itulah dua pengalaman pertama saya berbelanja online. Alhamdulillah, barang-barangnya sesuai dengan yang diiklankan dan saya ngga terkena penipuan apapun :))

Berikut ini adalah tips yang bisa saya berikan untuk menghindari penipuan dalam berbelanja online:

1. Usahakan untuk selalu COD
Jual beli yang paling meyakinkan adalah ketika kita tahu persis bagaimana kondisi barangnya, tidak hanya sekedar melihat fotonya. Cobalah untuk janjian dengan penjual di suatu tempat (usahakan yang ramai, jangan di kuburan ._.) sehingga kita bisa melihat barangnya langsung dan transaksi bisa dilakukan di tempat.

2. Jika tidak dapat COD, gunakan Rekening Bersama (Rekber)
Rekening Bersama adalah rekening perantara antara penjual dan pembeli. Mekanismenya adalah: pembeli mentransfer ke RekBer -> penjual mengirimkan barang -> pembeli menerima barang -> barulah Rekber mentransfer ke rekening penjual. Dengan cara seperti ini, penipuan transfer dapat dihindari. Gunakan jasa RekBer yang terpercaya, seperti piggybank atau sanbank di Kaskus.
Memang sih, RekBer mematok harga tertentu untuk jasanya. Namun, tidak terlalu mahal kok. Daripada kena tipu kan? :D

3. Jika tidak dapat COD dan enggan memakai jasa RekBer, pastikan penjual adalah seseorang yang bisa dipercaya!
Ada banyak indikator yang bisa dilihat, tapi indikator yang paling penting adalah testimoni dari pembeli lain. Pastikan ada beberapa (tidak hanya satu) testimoni dari pembeli lain yang menyatakan puas dengan transaksi yang ia lakukan dengan si penjual.

4. Setelah mentransfer uang dan barang telah dikirimkan, biasakan untuk meminta Nomor Resi dari pengiriman. Nomor Resi ini digunakan untuk mentracking barang yang dikirimkan.

5. Yang paling penting. 
Pastikan jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan! Jangan jadi seseorang yang terlampau konsumtif :3
Juga jangan lupa untuk mencari dan mengumpulkan uang lagi setelah selesai membeli suatu barang, :' =P
-----

Baiklah, semoga postingan yang isi informasinya campur aduk ini ada manfaatnya xD

4 comments:

  1. backup apaan ke cd? bukannya gak terlalu tahan lama ya kalo cd..mendingan hd external sekalian deh kayaknya :D

  2. data-data kuliah semester-semester lalu,
    program-program, sampai data tugas SMP xP

    dengan penyimpanan yang tepat, bisa awet lebih dari 10 tahun kok..
    kalo pake harddisk eksternal, rawan kena virus. kalo mesti diformat ulang, data yang hilang kebanyakan :p kalo CD kan lebih aman dari virus..

    lagipula, kalo hd eksternal, godaan untuk mengumpulkan file "ngga penting" lebih besar :p

  3. nuraeni Says:
  4. waw
    bagus" barangnya...

    tapi takutnya second.

  5. maka dari itu, sebelumnya kita harus ekstra selektif dalam memilih penjual yang tepercaya :)

    kalo penjualnya tepercaya, insya Allah barang2nya sesuai dengan yang dijabarkan kok.. ^^

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)