Tiga Kata untuk Dua Ribu Sebelas

Posted by Tembra Variantoro Thursday, January 6, 2011
Tiga puluh satu poin target 2010 telah saya evaluasi. Hasilnya, hanya dua belas yang tercapai pada tahun 2010. Sepertiga sisanya masih dalam proses sementara dua pertiga lainnya gagal. Saya harus katakan, 2010 adalah tahun degradasi.

Membaca ulang jurnal-jurnal dan agenda kegiatan yang saya tuliskan selama satu tahun mengingatkan saya bahwa 2010 merupakan tahun dimana pencarian jati diri menjadi begitu dominan. Perlawanan ego, keterpurukan mental, hingga ditantangnya iman telah saya rasakan di tahun 2010 ini. 

Tahun 2010 bukanlah tahun sampah; ia masih memberikan makna luar biasa dalam hidup saya. Segala puji bagi Allah yang telah menyayangi dan memperingatkan hambaNya dengan jalan yang luar biasa unik. Semoga tahun ini bisa jauh lebih baik :)


Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya: belasan hingga puluhan resolusi dideklarasikan dan dipajang dalam satu lembaran; kali ini resolusi saya hanyalah terdiri dari tiga elemen. Tiga kata.


mandiri, tanggap, recoverable.

Tiga kata ini menjawab evaluasi selama tiga tahun penuh.
Tiga kata ini menantang kekurangan secara langsung dan straight.
Tiga kata ini melancang cita-cita.
Tiga kata ini menantang kalian, wahai sekumpulan musuh utama!

mandiri,
Mampu untuk bertahan hidup lebih baik, termasuk dalam pengerjaan tugas dan perkuliahan, dan tentu saja, level pengaturan waktu yang lebih dewa. Dan mandiri kali ini lebih didominasi kepada mandiri secara finansial. Sudah saatnya untuk berusaha mencari penghasilan yang lebih baik. Walaupun bahkan sudah cukup terlambat. Sudah saatnya untuk lebih berdaya guna. Mulai berjuang untuk tidak meminta orang tua atau sanak saudara lainnya. Lebih dari itu, berlatih dan menunjukkan kemampuan kelak sebagai seorang kepala keluarga.

tanggap,
Cekatan mengambil kesempatan, terutama ditekankan kepada tak menunda. Jika bisa dilakukan sekarang, ya sekarang. Aplikasikan skala prioritas profesional. Cepat hancurkan segala obstacle yang ada. Jangan sia-siakan. Jangan sia-siakan. Move.

recoverable,
Diawali dengan tak mudah putus asa. Dan yang terpenting, segala degradasi yang terjadi harus cepat diatasi. Stress, niat yang menghilang, mood yang rusak, kebencian, dan suasana kontraproduktif lainnya harus dipulihkan dengan kekuatan dan kecepatan ekstra.  "Musuh" dan tantangan semakin banyak, mereka semakin merajalela di Universitas Indonesia, lakukan cease fire dan keputusan yang menguntungkan. Hati-hati dengan suasana.


Sadar dengan beratnya, sadar dengan konsekuensinya.
Tiga kata.
Akan kunikmati dengan sehormat-hormatnya :)

0 comments:

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)