Terkadang Satu Saja Tak Cukup

Posted by Tembra Variantoro Thursday, January 13, 2011
Dalam jangka waktu dua tahun di Fasilkom, tanpa terasa enam blog+satu domain gratisan telah saya ciptakan. Tak ada istilah pindah, moved, ataupun ganti penyedia blog, karena secara anarkis, memang itu adalah blog baru yang akan menyajikan tema baru pula :p. Saya tidak menyalahkan pendapat orang yang menyatakan jika blog terlampau banyak, maka fokus pun akan menghilang; karena saya pun merasakan hal serupa. Entah mengapa rasanya menyenangkan saja memiliki banyak blog xD.

Dan itu semua terdiri dari
dua blog blogspot,
dua blog wordpress,
satu blog mahasiswa UI, dan
satu tumblr.


Blog pertama, tentu saja blog mahasiswa UI, beralamat di http://mhs.blog.ui.ac.id/tembra.variantoro. Tanpa menyengaja membuat pun, UI secara "baik hati" memberikan blog kepada mahasiswa dan stafnya. Satu orang, satu blog. Wordpress-like karena memang dibuat berdasarkan platform Wordpress MU (sekarang Wordpress Multisite). Satu orang diberikan kapasitas 20 MB, baik untuk tulisan ataupun multimedia. Themenya default, disediakan beberapa pilihan, dan tak bisa diganti sesuka hati. Dan hak kepemilikan blog ini akan hilang seiring dengan hilangnya status aktif mahasiswa. Wah wah, blog gratis hanya untuk jangka kurang lebih empat tahun :p.
Karena jangka waktunya yang singkat, blog ini saya arahkan ke sebuah tema sentral yang lebih dimanfaatkan karena nama "UI"nya. Nama UI benar-benar menjadi nilai lebih, coba saja cek PageRank dan Alexa Ranknya. Peringkatnya cukup tinggi. :D Oleh karena itu, tak heran comment spam yang masuk juga luar biasa banyaknya --;

Blog kedua, blog ini. http://varisphere.blogspot.com. Blog utama dan blog paling aktif. Bahkan jika ada tulisan yang saya rasa cukup lumayan pada blog lain saya, seringkali tulisan itu dipindahkan ke blog ini. Difasilitasi oleh blogspot/blogger, artinya tulisan yang bisa ditampung tak terbatas. Bisa mengupload gambar dan video hingga 1024 MB, dan seluruhnya disimpan pada Picasa Web. Themenya bisa diganti sesuka hati, tapi harus punya pengetahuan lebih tentang struktur XMLnya. Tata code pada template Blogger agak aneh menurut saya ^^;. Untunglah, makin lama saya makin terbiasa.. ^_^
Blog ini juga dimirror dengan domain http://www.tembra.co.cc. Lumayan, domain gratisan :p

Blog ketiga, muncul karena kebutuhan dan keinginan mengoprek Blogger. Karena rasanya tak tega untuk mengubah-ubah Varisphere mengingat widget dan tulisannya sudah melimpah. Kalau sampai hilang semua... benar-benar menyusahkan dan menyebalkan xD. Oleh karena itu, dibuatlah http://seriusbukansaya.blogspot.com ini. Dibuat search engine blocked dan isinya berupa artikel-artikel menarik yang nyaris keseluruhannya berasal dari website lain (maksudnya, copy paste gitu.. :P). Mohon maaf karena tulisannya kebanyakan tidak orisinil, setidaknya saya terbantu untuk memanipulasi blogger dengan lebih baik karena blog ini.. :P

Blog keempat, berada dibawah naungan tumblr. Dapat diakses, namun search engine blocked. Domainnya saya rahasiakan karena isinya yang sangat curhat-like. Ah, sisi lain manusia, saya rasa..
Bicara tentang Tumblr, pasti teringat tentang gambar. Yang saya tahu, tak ada batasan jumlah gambar yang bisa diupload di Tumblr, yang ada cuma batasan berapa banyak post dalam sehari. Tak mendukung fitur comment, sebagai gantinya mendukung fitur like dan reblog. Ribuan gambar dan quote yang bisa membuat tertawa muncul dari berbagai blog tumblr setiap harinya. Meski begitu, tampaknya saya menzalimi fungsionalitas yang satu ini dengan hanya mengisi tulisan di blog tumblr saya. Tulisannya panjang semua pula :p
Tumblr juga memiliki theme dan struktur blog yang menarik dan kaya. Dan yang terpenting, bisa diubah sesuka hati! :D



Blog kelima dan keenam, keduanya blog wordpress. Dibedakan oleh dua tema sentral: prosa dan ilmu pasti. Kadangkala muncul inspirasi-inspirasi prosa, cerita, ataupun puisi dalam otak ini. Dan menyadari bahwa saya lebih menyukai mengetik daripada menulis, dan menyadari bahwa prosa ini tak terlalu layak untuk masuk varisphere :p, makanya saya membuat blog lain. Sekali lagi, adakalanya tulisan pada blog ini pindah ke Varisphere (setelah lolos Quality Assurance tentunya :p).
Dan blog satunya, lebih kepada jurnal ilmu harian. Isinya tentang akademis dan ilmu pasti. Kadangkala ada catatan kuliah dan resume. Juga beberapa pelajaran berharga dari ilmu pasti yang saya dapat.
Difasilitasi oleh wordpress gratisan, artinya kita berhak menulis sebanyak apapun dan masing-masing blog memiliki kapasitas upload multimedia hingga 3GB! Luar biasa lumayan :D! Namun karena wordpress gratisan, tampilan theme yang bisa digunakan terbatas, tidak bisa diatur-atur sesuka hati. Belum lagi wordpress gratisan tidak mensupport plugin seperti halnya wordpress.org. Namun tiga GigaByte cukuplah sebagai penawarnya.. :p Lagipula masih ada fitur-fitur lain yang tak kalah menyenangkan, seperti site stats, akismet, dan subscription. Keren lah!
Lalu apakah nama domainnya? Bernama agak iseng, berbau-bau typosquatting, sebenarnya :p. Ah, mungkin kelak saya beritahu kepada kamu.. :p

Lumayan banyak ya.. Sebelumnya bahkan saya sempat main mata dengan edublogs, posterous dan dagdigdug. Tapi ngga sempet sampai buat akun sih..

Kenapa ngga membuat domain+hosting pribadi?
Ya karena gratis. Hehehe.
Tapi bagaimanapun juga, salah satu sisi menarik dari blog gratis adalah lifetimenya. Seumur hidup!
Jika dibandingkan dengan domain-domain komersil, harus berlangganan dan membayar secara periodik. Artinya, ketika kamu mati, blogmu pun ikut mati. Bukankah luar biasa, ketika kamu meninggal, blogmu tetap gagah di dunia nyata, sebagai bukti bahwa kamu pernah ada di dunia! Untuk saya sih, itu rasanya menyenangkan. Bisa menjadi motivasi untuk terus berkarya :)

5 comments:

  1. satria Says:
  2. wah, kak tembra berbakat untuk poligami nih =D
    :kabur:

  3. lho.. kok tiba-tiba lari ke arah poligami ^^;

  4. swiki Says:
  5. muahahhaha. bener banget tem. lo berbakat poligami. ckck xD

  6. punya bakat, artinya kalo poligami bisa sukses? xD *ditabok*
    kalo urusan yang itu, satu saja insya Allah cukup :))
    (lah satu aja belum dapet-dapet.. :P)

  7. santi Says:
  8. nice post

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)