Shoutmix Error: New Shoutbox!!

Posted by Tembra Variantoro Sunday, November 7, 2010
Shoutmix adalah salah satu widget gratis yang menawarkan fitur "live chat" pada website/blog. Fitur ini sangat berguna bagi para visitor yang ingin bertanya, kenalan, atau sekadar "meninggalkan jejak."

...hingga saya menemukan suatu masalah:

Link visitor tak bisa muncul!!

Setiap kali visitor ingin mengirimkan pesan, ia harus mengisi tiga field pada Shoutmix: Name, Website, dan Message.

Jadi, semisal saya mengisinya dengan informasi berikut ini....:

Name: Gue(st)
Website: http://varisphere.blogspot.com
Message: Hello World!
Seharusnya message muncul dengan tampilan sebagai berikut..

Gue(st): Hello World!


Perhatikan, pada (Name), terdapat suatu hyperlink yang mengarah ke (Website).

Nah, akhir-akhir ini, hyperlink itu tidak muncul lagi!

Ada apakah?

Berikut ini adalah serangkaian test dan informasi yang saya dapatkan tentang permasalahan ini...
1. Jika saya mengepost message sebagai admin (cara login: klik simbol Admin pada pojok kanan atas Shoutmix), maka link website dapat muncul pada Shoutmix.
2. Jika saya mengepost message via anonymous proxy (lihat http://www.proxy4free.com/), maka link website dapat muncul pada Shoutmix.
3. Namun, jika saya mengepost message via koneksi internet biasa, maka link websitenya tak muncul!!


Dari hasil penelitian saya (~via google :p), tampaknya Shoutmix memberlakukan banned sebagian IP kepada Inonesia --;. Dan hal itu sudah saya buktikan dengan mencoba mengepost via anonymous proxy (yang notabene berasal dari server luar) --> link berhasil muncul!!

Jika suatu perusahaan memberlakukan banned IP, kemungkinan besar sih karena adanya SPAMMER-SPAMMER yang merajalela. Tapi apa iya kebanyakan pemakai Shoutmix di Indonesia adalah spammer? :-/

Entahlah..

Yang jelas, pemberlakuan banned rasanya tak terlalu bijak, mengingat dapat membuat konsumen kesal, dan berpaling ke shoutbox lain xD.

Dan itulah yang saya lakukan sekarang:
Berpaling ke shoutbox lain xD
~daripada harus ganti setting proxy setiap kali mau post message? capek xD 

Lagipula, selain link yang tak bisa muncul, ada satu kekurangan lagi pada Shoutmix: Visitor dapat meninggalkan pesan via backdoor. Maksudnya, visitor tak perlu mengunjungi website saya untuk meninggalkan pesan, cukup kunjungi alamat shoutboxnya saja xD. Sebagai contoh, alamat shoutbox saya berada di http://www5.shoutmix.com/?vari_kun. Visitor dapat langsung mengunjungi link tersebut dan meninggalkan pesan. Efeknya? Ya bisa mengurangi visitor counter.. >.<

Kesimpulannya, mari kita ganti.. :]
Ada banyak penyedia fasilitas Shoutbox lain yang juga gratis, seperti:
- Oggix
- Cbox
- FreeShoutbox
- MyShoutbox
- Sbox
- SayBox
- TagBox

Setelah sibuk melihat-lihat, akhirnya pilihan saya jatuh kepada TagBox!
Fiturnya cukup lengkap dan meliputi banyak hal. Dan fitur yang paling saya sukai adalah Custom Smilies. Sekarang onion emoticon bisa tampil di shoutbox saya. :D

Selain itu, kustomisasi tampilannya juga cukup bagus, meliputi warna dan bahkan ukuran text. Message archivingnya juga cukup baik, ditambah lagi dengan fitur Ban Words dan Protect Names.
Untuk fitur lainnya, silakan lihat di http://www.tag-box.com/features.php ! :D

Meskipun begitu, ada satu kekurangan besar pada TagBox yang saya temukan: masalah securitynya.

Setelah signup atau login, kita akan dibawa ke member area...





^
...members.php?email=asjklajsdklj&password=asdkjahfkjaf

??!!

Informasi yang kita masukkan tidak dienkripsi terlebih dahulu! --;
Artinya, informasi password yang kita masukkan dapat dengan mudah disadap oleh orang lain..
Oleh karena itu, gunakanlah password yang benar-benar berbeda dari biasanya!

Ada beberapa hal lain:
1. Tidak adanya tampilan waktu pengiriman message. Untuk melihat waktu, sebenarnya bisa dihover pada nama pengirim. Namun, ternyata waktunya terlalu lambat sampai 13 jam --;.. Seharusnya 19.00 malah jadi 06.00. Aww.. (ternyata masih memakai time zone nya Amerika ;--)
2. Jarak antara baris terlalu rapat, dalam pandangan saya. Mungkin lebih baik diberi padding atas bawah sekitar 2 sampai 3 pixel. Namun, rasanya sih masih bisa dibetulkan, soalnya HTML Codenya berupa table xD

Kekurangan lainnya? Entahlah, belum menemukannya.. :P
Jika sudah menemukan banyak kekurangan, ya ganti ke shoutbox lain.. xD

Ok, kini saatnya memindahkan beberapa message dari shoutbox yang lama ke shoutbox yang baru...:D (FYI, seluruh arsip lama tersimpan di http://www5.shoutmix.com/?vari_kun)


Selamat mencoba-coba.. :D

~nb: jangan lupa tinggalkan jejak di shoutbox baru saya.. :P

2 comments:

  1. ikumaikuma Says:
  2. hadeh parah banget lah ini si shoutmix. gw pake cboy jadinya, pas masih make blog yg dulu dulu sempet make cbox soalnya, hoho.

  3. yap, bener, emang sebaiknya pindah aja, sampai shoutmix rela membebaskan kita dari banned IP ini.. :p
    cbox juga bagus kok.. malah ini salah satu shoutbox alternatif yang sering dipake para blogger selain oggix.. ^^

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)