Menyerah Lebih Awal?

Posted by Tembra Variantoro Friday, September 10, 2010
Di suatu siang, awal Ramadhan,
Anak perempuan : Mah, udah Ramadhan nih, belanja buat keperluan lebaran yuk...
Ibu : Ah, nanti aja kalo udah mendekat Lebaran. Lagian diskon-diskon itu mulai muncul pas akhir-akhir Ramadhan gitu. Lumayan kan?

*********

Dahulu sekali, yang ada di otak saya adalah pengujian konsistensi ibadah ini dimulai sejak Ramadhan berakhir.
Namun, belakangan pendapat itu berubah.

Pengujian konsistensi justru dimulai di 10 hari terakhir Ramadhan.

Sepuluh hari terakhir Ramadhan, adalah waktu-waktu yang istimewa.
Didalamnya, seharusnya ada kerinduan dan refleksi luar biasa atas Ramadhan yang telah terlewati. Didalamnya pula ada malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dibandingkan delapan puluh tiga tahun ditambah empat bulan! Nabi Muhammad SAW sendiri terbiasa untuk beritikaf pada 10 hari terakhir ini.

Logika sederhananya adalah umat Muslim berlomba-lomba untuk beribadah sebaik-baiknya di 10 hari terakhir ini.

Namun, yang terjadi justru sebaliknya.
Dua puluh hari bergaul dengan Ramadhan malah membuat banyak manusia bosan dengan ibadahnya.
Kebanyakan masjid menjadi lenggang; berganti dengan ramainya jalan, terminal, dan pasar.
Kebaikan ibadah seribu bulan terkalahkan oleh pengwajiban diri untuk pulang ke kampung halaman.
Ada yang lebih parah lagi.
Kebaikan ibadah seribu bulan ditukar dengan potongan harga tujuh puluh persen!

Tak mudah ternyata menjaga kekonsistenan, bahkan di sepuluh hari terakhir Ramadhan!

Semoga Allah menetapkan hati dan iman ini....

Ya Allah, jangan biarkan ibadah ini pergi bersama dengan perginya Ramadhan...


NgupingRamadhan Edisi 1431 H - selesai

2 comments:

  1. you know who Says:
  2. ah iya bener banget tuh tem, jadi inget waktu itu liat di tipi,ada pusat perbelanjaan yang rame banget sama org2 yang ngeborong belanjaan di midnight sale, padahal malem ke 27 Ramadhan :'|

  3. "you know who"?
    do I know you? :p

    yah.. itulah pilihan..
    lebih memilih keutamaan bonus pahala dari Allah,
    atau keutamaan bonus diskon dari manusia..
    :'|

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)