Google (.com) Sekarang dengan SSL

Posted by Tembra Variantoro Saturday, September 4, 2010
Tanpa sengaja (atau mungkin diredirect) saya masuk ke laman 
https://www.google.com
Merasakan ada hal yang berbeda dengan Google biasa?

Yap, bedanya ada pada huruf "s", kini Google juga menerapkan protokol secure dalam pencarian! Namun, fitur ini hanya tersedia untuk Google Web Search. Google Images dan Google Maps masih belum menyediakan fitur ini. Selain itu, fitur ini juga hanya tersedia untuk domain google.com. Domain google lain seperti google.co.id  belum menyediakan fitur ini.

Lalu, apa sih  kelebihan "huruf s" ini dibandingkan dengan pencarian google biasa?
HTTPS atau Hyper Text Transfer Protocol Secure adalah kombinasi antara HTTP dan protokol SSL.
Kemudian, SSL atau Secure Sockets Layer adalah protokol yang berguna untuk menyediakan koneksi internet yang lebih secure (aman).

Maksudnya lebih aman?
Koneksi internet itu pada dasarnya berupa web browser mengirim request ke server, dan server mengirimkan informasi webpage ke browser. Kini, sebagai ilustrasi, lihatlah Gmail.
Pengguna Gmail pasti harus memasukkan password untuk mengakses layanan. Informasi password ini nantinya akan dikirim ke server. Adakalanya, pihak ketiga dapat mencuri data yang sedang dikirim ke server tersebut. Untuk itulah SSL ada. Google menggunakan protokol SSL untuk Gmail agar setiap data yang dikirim ke server terenkripsi, sehingga tidak ada pihak ketiga yang mencuri-curi data.
Lalu bagaimana dengan SSL pada Google Search?
Misalnya, ketika saya mengsearch "tembra", maka search querynya itu tidak dapat dideteksi oleh pihak ketiga. Orang tidak akan tahu hal apa saja yang kita cari via Google.

Maksudnya pihak ketiga dalam pencarian Google?
Banyak! Misalnya Feedjit, TraceMyIP, Google Webmaster, atau Blogger Stats. Ketiganya sama-sama memiliki fitur untuk mentrace search query pada Google ketika seseorang masuk ke suatu website via Google.
Sebagai contoh, mari kita perhatikan Feedjit yang saya gunakan di blog ini.
Misal, seseorang mengsearch  "gambar tempat penyimpanan picture" menggunakan Google biasa (http://www.google.com), kemudian ia menemukan blog saya pada hasil pencarian dan mengkliknya, maka Feedjit akan menampilkan hasil sebagai berikut:

Jakarta, Jakarta Raya arrived from google.com on "Tempat Penyimpanan Gambar di Blogger" by searching for gambar tempat penyimpanan picture.

Lihat kan? Feedjit dapat mentrace search query yang kita masukkan ke google.

Berbeda jika kita menggunakan Google dengan SSL (https://www.google.com). Misal, jika saya mengsearch "Surat cinta seorang programmer" menggunakan Google ini dan mengklik link blog saya pada hasil temuan, Feedjit akan menampilkan hasil sebagai berikut:

Dianggap sebagai Direct Visit! Artinya, saya sebagai seorang webmaster tidak dapat mengetahui hal apa saja yang dicari oleh orang ketika mengunjungi blog saya. Agak mengesalkan juga sih ^^;
Tapi, jika saya sebagai seorang pengunjung, tentu hal ini jadi lebih menyenangkan :P. Saya bisa bebas masuk ke website orang via google dan pemilik website tersebut tidak mengetahui apa yang saya cari :p

Pengguna internet pada umumnya, mungkin tidak terlalu memperhatikan hal ini, karena pada dasarnya kebanyakan orang tidak keberatan jika orang lain mengetahui hal apa yang sedang dicari di Google. Akankah produk google yang satu ini bertahan? Karena sejauh ini, Google Search with SSL masih dalam tahap beta. Kecepatan Google Search with SSL juga lebih lama dibandingkan dengan Google Search biasa karena browser harus menjalankan protokol SSL terlebih dahulu. Padahal, kebanyakan orang menggunakan Google karena kecepatan pencariannya. Sekali lagi, apakah produk Google yang satu ini akan bertahan?

Kita lihat saja :P

2 comments:

  1. Dodol tekno Says:
  2. Sama ni sob peristiwanya...pas kemaren ane mo akses ke google tiba2 aja ko diredirect ke https://google.com eh gak taunya ada google versi terbaru, cuma masih beta...
    sekarang ane dah tau bedanya...nice pos sob...mariiii

  3. mariii...
    salam kenal.. ^^

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)