Target Tadarus Cara Gue

Posted by Tembra Variantoro Thursday, August 26, 2010
Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran.
Tak perlu disangsikan lagi bahwa begitu banyak faedah dan pahala ketika seseorang membaca Al Quran.
Tak perlu diragukan lagi bahwa betapa banyak keutamaan-keutamaan ibadah di bulan Ramadhan.

Tiga hal diatas adalah alasan logis untuk mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan minimal sekali :).
Dan khatam Al Quran adalah salah satu target saya di bulan Ramadhan :)


Belajar dari Ramadhan-ramadhan sebelumnya selama saya berada di kampus, rasanya sulit sekali untuk mengkhatamkan Al Quran. Alasannya bermacam-macam, tapi tetap saja alasan utamanya pasti adalah lemahnya niat dan usaha.

Biasanya, saya menargetkan satu juz perhari, namun saya menemukan kesulitan didalamnya. Terutama karena rasa bosan, dan rasa tidak sabar karena masih panjangnya halaman-halaman yang harus dibaca. Adakalanya saya membalik-balik halaman berikutnya, hanya untuk mengetahui seberapa banyak lagi halaman yang harus saya baca untuk memenuhi target hari ini. Kalau ternyata masih panjang, kadang saya jadi merasa malas dan bosan. Apalagi jika kondisi badan sedang lelah. Akhirnya? Hanya baca dua halaman.

Berangkat dari pengalaman itu, saya mengubah target tadarus saya, dari yang sebelumnya per-juz menjadi per-menit.

Idenya simpel, saya menetapkan berapa menit saya harus tadarus dalam waktu satu hari. Dan hingga detik ini, saya merasakan target ini lebih efektif untuk dijalankan. Selain karena adanya variasi baru dalam target hingga tidak bosan dan lebih semangat juga karena saya tidak terlalu terpengaruh dengan berapa banyak halaman yang saya baca.

Saya belajar, bahwa adakalanya saya membaca Al Quran hanya untuk mengejar target, tanpa peduli seberapa cepat atau tartil dalam membacanya. Dengan menetapkan target permenit, saya bisa menjaga menit-menit di Ramadhan saya dengan lebih efektif.

Lalu bagaimana dengan khatam? Apakah masih menjadi target?
Ya, secara implisit. :)

Untuk menyelesaikan satu juz, kira-kira saya menghabiskan waktu 50 sampai 70 menit. Itulah target yang saya terapkan dalam waktu satu hari. :)

Tentu saja, ada banyak cara untuk memaksimalkan potensi ibadah. Dan untuk saya, cara seperti ini adalah cara yang cukup baik dalam menjalankan ibadah di Ramadhan kali ini..
Bagaimana dengan kamu? Bagaimanakah cara-caramu dalam memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan? :D


sumber gambar : http://almakkiyat.files.wordpress.com/2009/11/3844485895_2cb894bb4e_o.jpg

0 comments:

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)