Fasilkom UI 2008 Blogroll / Bloglist

Posted by Tembra Variantoro Thursday, August 5, 2010
(Artikel ini telah Kadaluarsa, silakan cek http://varisphere.blogspot.com/2011/04/new-dynamic-blogroll-of-fasilkom-ui.html)

Part II dari artikel ini. :) Edisi selanjutnya, bagaimana cara menghias blogroll, silakan klik disini. :D
Di artikel sebelumnya, bloglist hanya berupa link list dan sulit untuk didistribusikan. Kali ini, saya mencoba untuk membuat blogroll yang lebih fleksibel menggunakan third party blogroll - Blogrolling. Mengapa blogrolling? Karena gadget blogroll pada blogger ataupun built-in link manager pada wordpress tidak fleksibel. Misalnya, saya tidak bisa membagi blogroll ini ke orang lain sehingga orang lain tidak bisa memasukkan blogroll ini di websitenya. Lagipula, sejauh ini saya tidak dapat menemukan cara untuk memasukkan blogroll kedalam post blogger. Blogroll ini hanya dapat ditempatkan di sidebar. (btw, kalau ada yang berhasil menemukan cara menginsert blogroll di post, tolong beritahu saya ya :p)

Selain itu, salah satu kelebihan dari blogrolling ini adalah kemampuannya untuk menentukan blog mana saja yang baru terupdate. Dan tentu saja, ini berguna sekali untuk menemukan website mana yang sudah fresh terupdate atau website yang sudah ditinggalkan oleh pemiliknya yang murtad dari dunia perblogan. :p

Kelebihan lainnya adalah kemudahan dalam menambah link, serta adanya customisasi CSS. Untuk mengetahui lebih jelas, silakan coba langsung. :)

OOT sedikit:
Sedikit pengetahuan yang baru saja saya baca, untuk mengetahui blog mana saja yang baru diupdate, suatu server menggunakan ping. Penjelasan yang cukup memuaskan terdapat di wikipedia. Atau doakan saja kelak saya akan menulis artikel tentang ini. :p

Sayangnya, fitur sort by recent pada blogrolling ini masih belum berjalan. Di forum blogrolling pun hal ini juga sudah ramai dibicarakan oleh para user. Entahlah, mungkin dahulu sistem berjalan namun baik; yang jelas sampai post ini dipublish, link-link blog masih belum bisa tersort berdasarkan keupdateannya. Oleh karena itu, saya lebih memilih sort alphabetically untuk sementara waktu. Semoga saja sistemnya bisa berjalan dengan baik secepatnya.

Karena blogrolling ini berbentuk script, kekurangan lainnya adalah blogroll ini tidak mempengaruhi PageRank karena PageRank tidak menyertakan script dan materi dynamic lainnya dalam penghitungan algoritmanya. Jika dibandingkan dengan gadget blogroll pada google, tentu gadget ini lebih mempengaruhi PageRank. Lebih jauh tentang algoritma PageRank yang digunakan search engine untuk mengoptimalkan cara kerjanya silakan cek wikipedia atau google.. :] (gara-gara artikel ini, saya juga belajar sedikit ilmu tentang Search Engine Optimization xD)
Tambahan, googlebot (Google's web crawler) tidak akan mengecek isi dari suatu script. Akibatnya, blog-blog yang dilist dalam blogrolling tidak akan mendapatkan keuntungan backlink. Oleh karena itu, selain memasukkan blogrolling ini kedalam website, sebaiknya tetap gunakan fasilitas blogroll yang ada di Blogger/Wordpress/tempat nge-blog kamu.

Baiklah, inilah blogroll dari mahasiswa Fasilkom UI 2008. Berbeda dengan artikel sebelumnya, artikel ini hanya memuat mereka yang punya blog. Tambahan, jika ada yang memiliki lebih dari satu blog saya cantumkan juga disini. :)

Sekali lagi, bantu saya mengupdate blogroll ini dan segera peringatkan saya jika memang kamu tidak ingin blog kamu dipublish di umum.


Saya belum terlalu tahu apakah script ini bisa dipasang di website lain, namun boleh dicoba, karena blogrolling sendiri tidak melarang pendistribusian script ini. Ini adalah scriptnya. Silakan dipasang di blog kamu... :)

0 comments:

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)