Agar google [dot] com Tidak Di-redirect...

Posted by Tembra Variantoro Thursday, August 5, 2010
Cobalah pergi ke website www.google.com dari browser kamu, dan perhatikan apa yang terjadi. Apakah kamu justru dibawa ke website www.google.co.id?

Ternyata, Google menerapkan sistem redirect otomatis ke "google lokal" setiap kali kamu membuka google.com. Google akan membaca IP kamu dan secara otomatis akan mengarahkan (me-redirect) ke google lokal di daerah yang sesuai dengan lokasi IP. Yap, akhirnya kamu pun malah "nyasar" ke google.co.id

Hal ini berlaku di seluruh dunia. Misalnya, jika kamu berada di Malaysia dan masuk ke google.com, kamu akan dibawa ke google.com.my. Atau kalau misalnya kamu sedang berada di Inggris, kamu akan dibawa ke google.co.uk.

Lalu, apakah semua google itu sama saja?
Ternyata tidak!
Google-google lokal itu akan menampilkan hasil pencarian yang berbeda untuk suatu keyword yang sama. Sebenarnya, ini adalah suatu keunggulan tersendiri, karena dengan mempersempit cakupan area, google dapat mengetahui keyword mana saja yang populer di suatu negara, situs mana saja yang lebih sering dikunjungi, dan berita seperti apa yang lebih dicari di suatu negara. Jelas, lebih efektif dan lebih menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan orang.
Maka dari itu, jika ternyata website kita masuk ke "page one" google untuk suatu keyword, jangan bangga dulu! Karena, itu hanya hasil pencarian dari google lokal. Jangan seperti orang ini. Udah GR aja dia :p

Jika website kamu memang berbahasa Indonesia dan ditujukan untuk orang Indonesia saja, maka silakan bersenang-senang sejenak kalau website kamu masuk page one:]
Tapi, jika website kamu berbahasa Inggris, dan kamu ingin tahu seberapa gahar website kamu di mata mesin pencari google cakupan internasional, hmmm... Adakah caranya?

Ya, ternyata ada!

Ketikkan

NCR merupakan singkatan dari NO COUNTRY REDIRECTION.
Dengan ini, maka kamu akan dibawa ke google.com.

Oiya, sebagai demonstrasi.
Tentang perbedaan hasil pencarian, saya test untuk mencari "tembra" di google.co.id, google.co.my, google.co.uk, dan google.com. (waktu akses: 31 Juli 2010)

Di google.co.id, kedua blog saya berjaya di PERTAMAX. Selain itu, akun twitter dan facebook saya juga masih masuk page one.
Di google.com.my, hmmm.. meskipun gagal pertamax, setidaknya kedua blog ditambah akun faceboook saya masih berjaya di page one.
Di google.co.uk, uwaah.. hanya akun facebook saya saja yang berhasil page one, kedua blog saya tersingkir hingga page three.. Ya.. Saya bersaing dengan pemilik nama "Tembra" lain di berbagai belahan dunia.. Dan yang pertamax di hasil pencarian ini adalah nama "Tembra" sebagai merek dagang wind turbine.. Wuih....
Di google.com, errr... Ya okelah, akun facebook saya masih di page one.. Lalu bagaimana dengan blog? Page two.. ngga ada. Page three.. masih ngga ada juga. Page four.. ah! blog UI saya muncul disitu. Lalu dimanakah blogspot saya ini berada? Ternyata, blog ini terdampar di page five :) Yah, lumayan lah xD.

Well, narsis juga ya, mencari diri sendiri di google :p
Btw, saya menemukan artikel menarik nih : 50% Orang Suka Googling Diri Sendiri. Hehehe, saya termasuk yang 50% itu rasanya.. Tapi ngga terlalu sering kok. Semoga :p

0 comments:

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)