Tempat Penyimpanan Gambar di Blogger

Posted by Tembra Variantoro Sunday, June 13, 2010
Mengupload gambar ke blogger/blogspot memang mudah. Tinggal klik "Insert Image" -> Browse bla bla bla... -> Ok, dan gambar pun sudah bisa kita gunakan di postingan kita :D ! Setelah itu, kadang muncul pertanyaan: "Kemanakah gambar itu dihosting (disimpan)?". Mungkin pertanyaan itu muncul setelah kita ingin menggunakan gambar itu lagi untuk postingan selanjutnya dan kita bingung bagaimana cara mereuse gambar yang pernah kita upload. Atau terkadang muncul pertanyaan, "Berapa banyak maksimal total gambar yang bisa kita upload di Blogger/Blogspot?".
Ternyata, blogger secara otomatis akan menyimpan seluruh gambar yang kita upload ke picasaweb.google.com. Cobalah buka website ini dan login dengan menggunakan email yang sama seperti yang kamu gunakan pada blogger/blogspot kamu. Kamu akan melihat tampilan sebagai berikut:
Seluruh gambar yang kamu upload di blogger akan tersimpan di album yang berjudul [nama blog kamu].
Sedangkan album dengan judul Blogger Picture menyimpan profile picture pada profile blogger kamu. Dan Drop Box? Ini adalah tempat penyimpanan profile picture pada akun Google Wave kamu (kalo punya ya.. :p) :)

Kemudian, cobalah scroll kebawah :
Nah.. Sekarang kita sudah tahu nih.. Maksimal jumlah gambar yang dapat kita upload ke blogspot/blogger adalah 1024 MB/1 GB. Memang ngga seberapa sih, dibandingkan dengan Wordpress yang storage spacenya mencapai 3 GB! Tapi, cukup lah, untuk kepentingan blog-blog "ngga berat" seperti blog saya ini.. :P
Tapi, bagaimanapun juga, size 1024 MB ini harus bisa dimaksimalkan sebaik-baiknya.. Sekarang, cobalah buka album tempat gambarmu disimpan. Kamu mungkin akan melihat beberapa gambar upload-anmu yang ngga pernah dipakai, masih tersimpan disitu; atau mungkin juga beberapa gambar yang tidak sengaja terupload ulang. Nah, sekarang, silakan pilah-pilih! :D Note: Berhati-hatilah dalam menghapus gambar, karena jika gambar itu ada di postingan kita, maka gambar itu akan turut hilang dari blog. Sedikit tips, jika Views pada gambar itu 0, maka kemungkinan besar, gambar itu tidak pernah sekalipun kamu gunakan dalam postingan kamu. Silakan dihapus :)
Bagaimana jika kapasitas upload gambar kita sudah over-quote?
Tenang aja. Ngga usah buru-buru upgrade storage kamu, soalnya itu bayar :p. Jika kamu adalah orang yang ber"aliran gratis" seperti saya :p, maka cobalah ketikkan keyword "free image hosts" pada Google, dan TADAA... ada banyak sekali website-website yang menyediakan fasilitas penyimpanan gambar gratis. Pilihlah satu, dan selamat blogging lagi!! 

Happy blogging!! :D

3 comments:

  1. Jefry Says:
  2. ternyata hostingan tempat menyimpan gambar tu banyak banget ya
    trims atas infonya

  3. info bagus mas buat nubi kyak saya,,, tapi baru saya cek mas,,, kuota penyimpananya hingga 5gb y yg skarang mas?

  4. wih mantap tutorial nya
    menarik untuk di simak

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)