[Dialog] Kebaikan Yang Universal

Posted by Tembra Variantoro Thursday, June 17, 2010
A : Tolong beritahu kepadaku, mengapa Engkau senantiasa beribadah dan berbuat baik?
B : Sungguh, ini kulakukan semata-mata untuk mencari ridhoNya, dan mengharap surgaNya...
A : Lalu, bagaimana jika ternyata di penghujung nyawamu nanti, kau menemukan fakta bahwa sesungguhnya tak ada surga dan tak ada neraka?
B : Bagaimana mungkin? Aku yakin, bahwa Allah pasti akan menepati janjiNya!
A : Kumohon, berikanlah jawaban atas pengandaian itu!
B : Baiklah. Jikalau itu terjadi-walaupun pasti tidak akan pernah terjadi-, aku akan tetap bangga karena telah mati dalam jasad seorang manusia berakhlak mulia. Dan itulah kebanggaan yang bisa kubawa hingga mati! Tak ada yang bisa merenggut dan menggoyahkannya dari diriku!
A : ....
B : Lagipula, tetap saja aku harus berterima kasih kepada Allah. Sebanyak-banyaknya. Tiap denyut jantungku adalah pemberianNya. Tiap hembus nafasku adalah anugerahNya. Tak bolehkah aku menjadi hambaNya yang bersyukur?
A : Lantas.. Bagaimana.... bagaimana jika ternyata Tuhan itu tidak ada?
B : Tidaklah mungkin terjadi segala keteraturan dunia ini tanpa ada yang menciptakannya! Tidaklah mungk....
A : Ya! Ya! Aku paham jalan pikiranmu! Namun tolonglah jawab pengandaianku itu! Aku berjanji, ini adalah pertanyaan terakhirku. Bagaimana jika ketika kau mati nanti, kau menemukan fakta
bahwa ternyata Tuhan itu tidak ada?
B : (menghela nafas) Yang jelas.. Aku lebih memilih untuk mempercayai Tuhan dan ketika aku mati, aku menemukan fakta bahwa Tuhan itu tidak ada; daripada aku tidak mempercayai Tuhan, dan ketika aku mati, aku menemukan fakta bahwa Tuhan itu ada.
A : ......
B : Juga, ketahuilah wahai temanku, Allah tidak menyukai orang-orang yang terlampau sering mengandai-andai lagi panjang angan-angan. Allah juga menghimbau kita untuk tidak menanyakan hal-hal yang berada di luar batas pikiran kita sebagai makhluk. Bukan apa-apa, namun yang demikian itu dapat menyesatkan jalan pikiran kita. Karena memang otak kita tidak akan pernah mampu menjangkaunya. Dan ingatlah, bahwa sesungguhnya makhluk itu terbatas dan berbatas!!
B : ......dan disisi inilah iman memainkan peranan yang penting...


Laksanakanlah segenap ajaran agama ini, maka kau akan menjadi manusia terbaik di muka bumi,
Namun, itu tidak akan pernah berarti di mata Allah, jika tidak ada iman didalamnya...

0 comments:

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)