Ada Apa dengan Blog UI?

Posted by Tembra Variantoro Tuesday, June 22, 2010
Blog Universitas Indonesia adalah blog yang diberikan oleh UI untuk segenap civitas akademia UI, baik staff maupun mahasiswa. Atau kalau boleh, saya kutip dari Disclaimer Blog UI
Blog UI merupakan suatu jurnal maya yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia (UI). Layanan ini dapat diakses dari jaringan lokal universitas maupun dari internet. Tujuan utama layanan ini adalah memberikan kemudahan bagi civitas akademika UI dalam mempublikasikan kegiatan, tulisan, paper, penelitian, dan pengetahuan untuk dapat disimpan secara permanen dan mudah dijangkau kapan saja dan dimana saja, secara instan, dan sederhana.
Niatnya baik, sih. Sayang, fitur di blog UI ini sangat terbatas :p Dengan CMS Wordpress, saya cuma dapat menyimpan konten blog (baik gambar maupun tulisan!) paling banyak 20 MB xD. Dan lagi, saya ngga bisa menginstall plugin dan theme yang macem-macem.. Dengan segala keterbatasan ini, wajarlah kalo banyak anak-anak UI yang lebih memilih untuk ngeblog di tempat lain.Tapi, tentu saja, buat yang ngga mementingkan fitur, Blog UI tetap bisa jadi tempat yang menyenangkan untuk mulai menulis. Apalagi domainnya *.ui.ac.id gitu. Prestise. xP

Terlepas dari itu semua, baru-baru ini saya menemukan sedikit keanehan di blog mahasiswa UI. Keanehan itu saya temukan ketika saya mengecek laman : http://mhs.blog.ui.ac.id/admin/ (waktu akses 20 Juni 2010):
Lihat dimana keanehannya? Lihatlah bagian bawah screenshot gambar. Salah satu postingannya mengacu ke laman web tertentu! Dan ini bukan orang yang menulis blog yang memasangnya, melainkan ada sesuatu yang aneh di blog aggregatornya. Soalnya, kalo kita masuk ke laman web blog orang itu, tidak ada satupun link itu didalamnya. Dulu juga tulisan saya sempat terkena keanehan ini. Di halaman blog saya, tidak ada yang aneh; namun ketika tulisan saya terpublish di blog aggregatornya, tiba-tiba seluruh isi dalam postingan saya jadi memiliki hyperlink ke website ini. Sayang dulu saya keburu panik dan malah menghapus postingannya, ngga sempat mengambil screenshot.

www.silver-coin-investor.com
Jelas iklan, jelas tidak berhubungan dengan civitas akademia UI..
Jadi ini apa ya? :p


*coba masuk ke http://mhs.blog.ui.ac.id deh, mungkin kamu akan menemukan keanehan yang sama*

2 comments:

  1. mei Says:
  2. memiliki tujuan yang baik.

  3. maksudnya?
    iklannya yang punya tujuan baik, atau keberadaan blog ui nya? ^^;

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)