Tuhan Tidak Pernah Salah

Posted by Tembra Variantoro Saturday, April 10, 2010
Tak pernah sekalipun aku bisa menyalahkan Tuhan.
Sekali aku mencoba untuk menyalahkan Tuhan, aku selalu tersadar,
Tuhan adalah Maha Benar,
justru manusialah yang selalu salah.

Ketika aku mencoba mengatakan,
Tuhanlah yang Maha Kuasa,
maka ia berkuasa menentukan apa yang seharusnya kulakukan dan apa yang tidak seharusnya kulakukan.
Maka, mengapa Ia tidak mencegahku untuk berbuat kesalahan?
Namun, Tuhan tidak pernah salah.
Manusialah yang salah dalam memanfaatkan kebebasannya.

Pernah aku mengutuki keadaan buruk yang menimpaku,
Keadaan sulit, menyebalkan, menghimpit.
Namun Tuhan tidak pernah salah,
FirmanNya, "Dan apa saja musibah yang menimpa kamu, maka adalah disebabkan oleh perbuatanmu sendiri." (Asy-Syura: 30)
Ya, manusialah yang salah!

Pernah aku membayangkan,
ketika sekiranya nanti di yaumul hisab,
tiba-tiba Tuhan berfirman,
"sungguh, seluruh amalmu tidak diterima karena niatmu yang tidak ikhlas"
Sia-sialah sudah apa yang kulakukan.
Namun, Tuhan tidak pernah salah dalam memutuskannya.
Manusialah yang salah!

Pun, bahkan ketika berdoa,
jika Ia memutuskan bahwa doa yang kuhaturkan adalah doa yang buruk,
jika Ia mengatakan bahwa taubat yang kusebut-sebut adalah taubat yang main-main,
jika Ia mengatakan bahwa ibadah yang kulakukan adalah ibadah yang tidak diterima,
Tak pernah sekalipun Dia salah!
Manusialah yang salah!

Engkau selalu benar, Engkau selalu benar, Engkau selalu benar.
Aku selalu salah, aku selalu salah, aku selalu salah.
Akupun meringis getir saat mengulang-ulang kalimat itu.

Allah Maha Benar.
Manusia selalu salah.

Allah Maha Benar.
Manusia selalu salah.


Mengapa istighfar itu sangat sedikit diucapkan??

Astaghfirullahaladzim..

1 comments:

  1. maisarah Says:
  2. astaghfirullah..
    hmm..
    nuhun ya renungannya :)

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)