Alay is The Best .... (Password)

Posted by Tembra Variantoro Wednesday, April 14, 2010
Sakit mata memang, ketika kita membaca tulisan alay.
Dan sakit hati jika tulisan tersebut terus-menerus dikirim kepada kita.
Apalagi, kalau kita sedang bad mood saat membacanya, wah, bisa sakit jiwa . xD

Yah, intinya, memang kebanyakan orang nggak suka dengan tulisan Alay. Yang dimaksud dengan tulisan alay ini adalah tulisan bEsAr-kECil, ditambah dengan k0M81n4$i-aN9k4-hURuf. Tapi, yang seperti itu, dalam pandangan saya masih alay tingkat kacangan lah. Soalnya, saya masih bisa membacanya dengan nafas teratur (karena ngga emosi xD).

Tapi, kalau tulisannya sudah mengubah tata letak huruf, wah, ngga tahan deh. Misalnya, maaf jadi muuph, siapa jadi cp, kamu jadi qmoh, dan seterusnya. Duh, bahkan alaygenerator pun takkan sanggup menggeneratenya..

Yak, bicara tentang tulisan jenis ini, tahukah kamu bahwa tulisan yang kita sebut dengan tulisan alay mode ON ini merupakan kombinasi dalam membentuk password terkuat?
Simpelnya, secara umum, password yang kuat haruslah memuat kombinasi antara huruf besar-kecil, angka, dan simbol. Tulisan yang memuat kombinasi antara huruf besar-kecil, angka, dan simbol adalah jenis tulisan alay
Jadi, jika kita simpulkan dengan silogisme(a->b, b->c maka a->c), maka password yang kuat adalah tulisan alay. xD
Mengapa bisa seperti itu? Dalam teori penjebolan password dengan "menebak-nebak", akan sangat sulit untuk menemukan suatu kata-kata yang digenerate dengan bahasa alay. Kenapa? Karena kreativitas alay itu sangat luas! xD
Misalnya, passwordnya simple: "sayangkamu". Jika kita meng-alay-kan password tersebut, maka hasilnya bisa saja "sAyAngKaMu", "s4yAnKkMuuh", "$aiAanKkMuh", atau apapun! Jadi, niscaya kita bisa terhindar dari penjebolan password dengan cara menebak-nebak! XD

Dan bagaimanakah Alay Password ini menghadapi algoritma terampuh dalam memecahkan password: BRUTE FORCE? Ups, sebelumnya, mari saya beritahu apa itu brute force :D. Brute force ini simpelnya adalah mencoba-coba seluruh kemungkinan password hingga menemukan password yang tepat. Artinya, kita harus mencoba-coba kombinasi-kombinasi karakter yang ada hingga menemukan password yang tepat.
Nah, sekali lagi, mengapa password alay itu ampuh?
Karena, dengan cara tulis alay, karakter yang digunakan akan semakin beragam! XD
Misalnya, jika kita tahu bahwa password terdiri dari 6 karakter, dan percobaan untuk tiap-tiap password memakan waktu 10 detik.
jika password hanya terdiri dari kumpulan huruf-huruf kecil saja, maka in worst case, akan dibutuhkan waktu selama 26x26x26x26x26x26x10 s = 3 089 157 760 s = 85 809,938 jam untuk memecahkan sebuah password.
Namun, jika password terdiri dari kumpulan huruf kecil-besar-angka, maka in worst case, akan dibutuhkan waktu 62x62x62x62x62x62x10 s = 56 800 235 584 s = 15 777 843,218 jam!
Belum lagi, jika password menggunakan simbol, dan lebih panjang! Niscaya seorang hacker membutuhkan waktu puluhan tahun sebelum bisa mendapatkan password kita xD.

Nah, untuk mencetak password terkuat, sebenarnya tak hanya dengan kombinasi-kombinasi karakternya saja, namun juga memperhatikan faktor-faktor lain, misalnya panjang password, ada tidaknya karakter yang berulang, dan sebagainya.

Untuk menguji seberapa kuat password kamu, silakan kunjungi www.passwordmeter.com.
Karena berlisensi GNU GPL, password meter ini Open Source lho! :D Jadi, scriptnya bisa kamu download dan kamu pelajari sesukamu, dengan catatan, harus tetap memperhatikan peraturan copyleft. :D

Btw, saya berikan salah satu contoh password kuat. Ini screenshotnya..:D


Bagaimana? Tulisan Alay powerful kan? XD

8 comments:

  1. Anonymous Says:
  2. 1h, 4laY i$ tH3 b35t da4H...
    kHuKHu...xD

  3. ini ARDI
    ini pasti ARDI

    XD

  4. artikel ini juga dimuat di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3865812 oleh seorang kaskuser.. xD

    yaudahlah, lumayan, nambahin visitor counter.. xD

  5. Anonymous Says:
  6. yang nulis alay gak ya..?

    just kidding... :P

  7. @atas: sejauh yang saya tahu sih, tingkat kealayan yang nulis masih tergolong rendah.. :p

  8. yakuchan Says:
  9. lol

  10. micellia san Says:
  11. :O

  12. baju bola mu Says:
  13. Password alay emang bagus jadi susah di tebak... tapi klo terlalu alay kadang yang bikin juga jadi lupa sendiri.. wkwkwkk

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)