Game of Life

Posted by Tembra Variantoro Thursday, February 4, 2010
Game RPG itu bisa dikatakan sebagai miniatur dari kehidupan sehari-hari.
Atau jika boleh saya balik, hidup itu seperti game RPG.

Sebenarnya analoginya ngga sesimple itu sih.. :D

Hanya saja, karena saya cukup gemar menganalogi-analogikan sesuatu, ditambah dengan sifat gamer saya, saya jadi kepingin untuk menshare hal-hal yang terjadi dalam hidup saya, dalam bentuk analogi ini, tentunya. :)
Saya sering menggunakan kata "upgrade diri" atau "menjadi lebih baik" selama saya bersekolah, berkuliah, berorganisasi, atau simply  ketika saya sedang menetapkan rancangan dan target hidup saya selama setahun kedepan. :)
Nah, hal itu saya analogikan sebagai "LEVEL UP".
Kemudian, hal terpenting dari LEVEL UP adalah naiknya poin-poin atribut suatu karakter, misalnya naiknya poin dari atribut strength, magic power, attack, speed, defense, armor dan lain sebagainya. Banyak macam lah! Tergantung sedang main game apa. :) Nah, dari sejarah saya main game selama ini, belum pernah ada yang namanya LEVEL UP yang menurunkan poin sebuah atribut. Paling sial ya statis di poin itu saja, tidak bertambah satu poin pun.

Ok, sekarang kira kembali ke dunia realita. Anggaplah, atribut saya dalam dunia nyata ini saya kategorikan dalam : ACADEMIC, ORGANIZATION, NETWORKING, dan FAITH. (attribut lainnya masih hidden :P)
Dan kini kita analogikan WAKTU dalam dunia nyata dengan TRAINING dalam dunia RPG.
Ya, keduanya sama-sama merupakan cara untuk LEVEL-UP.

 Dulu, saat saya sedang SD, SMP, dan SMA, saya mengedepankan LEARNING TRAIN sehingga atribut saya yang dominan naik adalah ACADEMIC, sementara atribut lainnya naik dengan rendah, namun cukup stabil.
(singkat kata) LEVEL UP terus berlanjut, hingga akhirnya saya masuk kuliah. Di kuliah ini, saya memutuskan untuk menjalankan ORGANIZATIONAL TRAIN dengan maksud untuk menaikkan atribut ORGANIZATION dan NETWORKING. 
Namun apakah yang terjadi saat LEVELING UP?
Atribut ACADEMIC saya turun drastis, sementara atribut lainnya naik secara ... (subjektifitas membuat saya tidak bisa mendeskripsikan ini).
Seolah-olah POIN di ATRIBUT ACADEMIC pindah ke ATRIBUT lainnya!
Seharusnya LEVELING UP tidak menurunkan ATRIBUT apapun! Level UP itu menambah poin-poin pada atribut, bukannya mengambil poin pada atribut tertentu dan memberikannya kepada atribut lainnya.

Dengan mengambil pola logika diatas.

Sesungguhnya, saya belum terupgrade dengan baik..

Jadi, saya pikir, katakanlah, ada orang yang berkecimpung di organisasi dengan dalih untuk menyeimbangkan ATRIBUT dalam hidupnya dan mengUPGRADE dirinya; lalu kemudian akademisnya turun total; maka dia tidak berhasil mengupgrade dirinya dengan baik!
Ngga usahlah mengatakan bahwa akademis turun karena banyak kegiatan! Ngga usah!

Ngga usahlah mengatakan bahwa kamu terupgrade dengan berorganisasi dan mengorbankan kuliah! Ngga usah!
Kecuali jika kamu memang sudah membuang ATRIBUT ACADEMIC kamu jauh-jauh, baru saya akui bahwa kamu telah terupgrade..

Karakter manapun dalam game, meskipun sekiranya ia kuat di atribut tertentu dan lemah di atribut yang lain, namun setidaknya atributnya tidak pernah turun. Statis, atau naik.

akhir kata, siapa sangka hikmah sekeren ini bisa didapat dari suatu game? :)

~juga, maafkan segala kelebaian yang ada, tulisan diatas sama sekali ngga diedit

0 comments:

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)