Penciptaan Kejahatan?

Posted by Tembra Variantoro Tuesday, June 9, 2009
Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswanya dengan pertanyaan ini, “Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?”. Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, “Betul, Dia yang menciptakan semuanya”. “Tuhan menciptakan semuanya?” Tanya professor sekali lagi. “Ya, Pak, semuanya” kata mahasiswa tersebut.Profesor itu menjawab, “Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan.” Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau agama itu adalah sebuah mitos.


Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, “Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?”“Tentu saja,” jawab si Profesor.



Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, “Profesor, apakah dingin itu ada?” “Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada. Kamu tidak pernah sakit flu?” Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya.


Mahasiswa itu menjawab, “Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada. Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas.




Mahasiswa itu melanjutkan, “Profesor, apakah gelap itu ada?” Profesor itu menjawab, “Tentu saja itu ada.”


Mahasiswa itu menjawab, “Sekali lagi anda salah, Pak. Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya.”



Akhirnya mahasiswa itu bertanya, “Profesor, apakah kejahatan itu ada?”Dengan bimbang professor itu menjawab, “Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya. Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan.”


Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, “Sekali lagi Anda salah, Pak. Kejahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap, kejahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya.”





Profesor itu terdiam.







~~disini, saya pun terdiam..

7 comments:

  1. a_dan_i Says:
  2. good argument :)

    cerita buatan lo tem?

  3. kalo daku ya temb, kejahatan itu emang diciptakan Allah.

    menurutku, pada dasarnya segalnya diciptakan oleh Allah.

    coba liat Asmaul Husna.

  4. Tembra Says:
  5. yupp, setuju Bah!.. bahkan ketiadaan itu sendiri juga merupakan ciptaan Allah..

    ilustrasi diatas sebenernya hanya sebuah brainstorming, filsafat tentang makna kejahatan..

    semoga saja bisa diambil pelajarannya, dan kalo ada kata-kata yang salah, mohon dikoreksi :)

  6. analogi ini...
    beberpa orang bisa percaya 3 hal itu bisa dianalogikan.
    cahaya-panas-kebaikan.

    beberapa yang lain tidak.

    beberapa yang lain lagi bertanya;
    "kenapa tidak menganalogikan cahaya, panas, & kejahatan?"

    ____

    la la laaa,
    saya yang mana yaaa...??

  7. krik..krik..krik...

    ~masih terdiam...

  8. Apakah mishbah dan Tembra itu diciptakan?

    Mishbah dan Tembra adalah ekspresi dari ketiadaan rambut yang lurus.

    V^_^
    just kidding, nice posting!

  9. Tembra Says:
  10. @rizky: kalo saya bertanya, bisakah kejahatan itu dianalogikan bersama dengan cahaya dan panas? hmm cara analoginya gimana yaa... ^^

    @ardi : ~terdiam~ ...

    @(kak) fajar :
    dulu keriting itu model top loh :p

    btw,rambut saya itu hasil dari gen intermediet lho...

    Ayah rambutnya lurus kk, dan ibu rambutnya keriting KK,
    akhirnya, gen rambut saya jadi Kk.
    artinya, bagi siapapun yang nantinya menikah dengan saya, jika ia memiliki gen keriting intermediet (Kk) atau gen rambut lurus (kk), masih memiliki peluang untuk punya anak dengan rambut lurus :P :P
    ~ga penting

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)