Fasilkom(Part I) : Why Fasilkom?

Posted by Tembra Variantoro Wednesday, March 4, 2009
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Disinilah saya berkuliah.

Kampus yang berbentuk melingkar, lokasi strategis(meski tidak dilewati bis kuning), dengan teman-teman yang ajaib dan pintar, dan yang paling hebat: bisa download sepuasnya, tanpa ada batasan.

Dengan jumlah lab yang saya anggap cukup, waktu buka lab yang sampai jam 9 malam, lab eksklusif hanya untuk mahasiswa Fasilkom, kecepatan yang cukup meyakinkan dan gratis, maka inilah surga download. Ups, saya berlebihan. Siapa tahu di Jannatul Firdaus sana, kecepatan download melebihi apa yang dapat saya bayangkan. Bukankah surga itu tempatnya segala kenikmatan? :)

Fasilkom memilki dua program studi: ilmu komputer dan sistem informasi. Yang membanggakan, passing grade Fasilkom (katanya) berada di urutan kedua dibawah FKUI dalam lingkup seantero Fakultas bidang IPA di UI. Alhamdulillah, saya berada di program studi ilmu komputer, dan di detik ini telah menginjak semester kedua.

Bidang IT memang sangat dibutuhkan dan diminati pada waktu ini. Faktanya, manusia terkaya di dunia saat ini bergelut di dunia IT dan dunia IT menawarkan lapangan pekerjaan yang luas dengan gaji yang memadai. Oleh karena itu, saya rasa sangat wajar banyak siswa SMA yang ingin mangecap pendidikan di Fasilkom yang mengakibatkan tingginya passing grade untuk masuk ke Fasilkom.

Lalu, mengapa Universitas Indonesia?
Pluralitas, lingkungan, dan biaya membuat saya memilih UI.

Pluralitas artinya seluruh anak bangsa berkuliah di universitas ini. Faktanya, lebih dari 50% mahasiswa UI yang masuk tahun 2008 adalah mahasiswa yang berasal dari luar Jakarta. Saya berharap dengan pluralitas ini, saya dapat memperoleh banyak relasi di masa depan saya nanti. Sebenarnya saya ingin berkuliah di luar Indonesia. Namun, sebelum merasakan "manisnya" pluralitas berbagai bangsa, alangkah indahnya jika saya dapat merasakan pluralitas suku bangsa sendiri :)

Lingkungan maksudnya universitas ini memiliki wilayah kampus yang luas dengan banyak pepohonan. Selain itu, universitas ini menyediakan bus gratis, sepeda gratis, dan berbagai kemudahan lainnya. Situasi belajar disini pun sungguh kondusif.

Biaya. Hm, mungkin banyak yang bertanya mengenai biaya berkuliah di Fasilkom Universitas Indonesia. Uang Pangkalnya sebesar Rp.25.000.000, dengan BOP per semester Rp. 7.500.000. Saya rasa cukup sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan:) Namun, jangan khawatir. Besaran BOP dan UP disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa. Saya mendapati dua orang teman saya yang membayar UP sebesar Rp.0,- dan BOP sebesar Rp.100.000. Selain itu, saya sendiri juga mendapatkan keringanan yang lumayan. Saya hanya diwajibkan membayar kurang dari seperlima nya. Proses pengurusan biaya UP dan BOP ini pun mudah, hanya dengan menyediakan berkas-berkas yang dibutuhkan. Kecuali bagi orang-orang yang malas untuk mengumpulkan berkas-berkas itu. Apa sih yang mudah bagi orang-orang yang malas?

Lalu apa sajakah mata kuliah yang dipelajari di Fasilkom?

Insya Allah akan saya bahas di postingan berikutnya.

Stay Tuned!

2 comments:

  1. kharda Says:
  2. Wah Temb, uda bisa diralat nih artikelnya.. Kan udah ada bikun di Fasilkom .. :)

  3. Tembra Says:
  4. wah, dan sekarang bikun itu pun mulai punah di fasilkom.. ^^;

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)