The Beginning!!

Posted by Tembra Variantoro Saturday, February 21, 2009
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh!!
Akhirnya!!
Postingan pertama!!
Hip hip hura..
Sebenarnya blog ini udah lama gue buat, sekitar 5 hari yang lalu. Tapi karena gue “sibuk”, baru bisa posting sekarang deh. Seneng juga pake blogspot, gadgetnya banyak^^. Sebelumnya gue punya blog di blog UI. Dan disitu nambah widgetnya sulit sekali. Kaya’nya blog UI masih make wordpress edisi lama deh, jadi ngga bisa masang Java Script gitu. Jadi susah buat masang hiasan yang keren-keren. Correct me if I am wrong :). Dan seandainya ada yang tahu bagaimana cara memasang Java Script di Blog UI, tolong kasitau gue ya.. Anyway, blog UI gue belum gue “close” kok. Tadinya c isi blog UI gue juga cuma curhatan-curhatan pribadi, tapi sekarang sudah gue ubah khusus untuk “hal itu”. Penasaran dengan apakah “hal itu” itu? Klik aja disini :) fufufufu… (promosi terselubung)
Eh, ada yang bingung ga tentang istilah widget dan gadget? Untuk sekedar info aja, setau gw, wordpress menggunakan istilah widget, sedangkan blogspot menggunakan istilah gadget. Lalu apakah widget/gadget itu? Widget/gadget adalah sekumpulan kode reusable yang dibuat oleh orang/website lain yang dapat diintegrasikan ke dalam website/blog kita tanpa perlu ada pengaturan yang rumit. Contoh nyatanya liat aja di bagian samping blog ini. Ada jam, tanggal, dan fitur lain yang ngga mungkin bisa gue program secara langsung. Ilmu gue ngga cukup :P. Lalu, apakah perbedaan antar widget dan gadget? Perbedaannya adalah gadget adalah semua widget yang bukan widget. Agak pusing ya. Penjelasannya kira-kira begini, widget dapat dipakai di seluruh website atau blog yang memungkinkan kita untuk menambah HTML block. Sedangkan gadget hanya dapat dipakai di website-website tertentu. Contohnya, Google Gadgets yang hanya bisa bekerja di website-website Google. Btw, sekali lagi, correct me if I am wrong. Maklum, blogger baru.
Buat blog ini, gue udah nambahin gadget-gadget standar, kaya’ tanggal, jam, shoutbox, visitor counter, dan lain-lain.
Semoga tampilannya enak dipandang mata ya..^^ Yang menarik, blog gue udah dikunjungi 17 orang hingga saat ini. Hohoho, padahal kan blog ini belum ada postingannya sama sekali. Apa karena judul blognya menarik? (narsis XD). Oiya, gue juga butuh pendapat kalian tentang gadget-gadget apa aja yang oke buat ditambahi di blog ini, termasuk gimana caranya menyetting template semau kita. Mohon bimbingannya, wahai master-master blogger!
Dipikir-pikir, ide pembuatan blog ini juga sudah lama gue pikirkan, udah dari beberapa bulan yang lalu, apalagi sejak gue ”mengkhususkan” tema blog UI gue. Salah satu alasan kenapa blog pribadi gue ngga diwujud-wujudkan adalah masalah nama. Gue bingung mau dikasi nama apa blog gue ini X).
Walhasil, gue berkonsultasi ke beberapa orang, dan usulannya pun macem-macem. Ada yang ngusulin namanya tembrasinspiration.blogspot.com. Hmm.. kaya’nya kepanjangan. Terus dia ngusulin, kenapa ngga tembravariantoro.blogspot.com atau tembravari.blogspot.com aja? Masalahnya, gue ngga pengen mempublikasikan nama asli gue secara besar-besaran di internet. Nanti CIA dan FBI gampang nangkep gue lagi, hehehe. Bagaimanapun juga, terima kasih buat Twenty atas sarannya…
Terus ada seseorang, sebut saja “Bunga”, yang mengusulkan nama “bunga”lucusekali.blogspot.com. Dan langsung gue tolak di tempat dengan alasan pernyataan Bunga kontradiktif dan tidak valid. Counter example nya juga mudah: “Bunga” tidak lucu. Titik. Hahaha.
Nah, yang cukup gue suka itu pendapatnya Adhon dan Bang Ridho yang kebetulan sama : temblog.blogspot.com. Ditambah lagi dengan idenya Pak Chamatz: temspot.blogspot.com, temword.wordpress.com, atau tempress.wordpress.com. Hmmm. Kalo gitu, suatu hari nanti, saat gue punya domain sendiri, web nya akan gue namakan temcom.com atau temnet.net? Bayangkan seandainya website akhirannya bukan .com tapi .pe atau .bok , meranalah gue :P.
Nah, setelah berpikir keras hingga menangis dalam sujudku (lebay banget). Gue pun memilih nama varisphere.blogspot.com. Mengapa varisphere? Hmm, entah kenapa tercetus begitu saja di otak. Intinya, nama itu kan terdiri dari 2 bagian : vari dan sphere. Vari itu kan bagian dari nama gue, sedangkan sphere itu artinya semacam lapisan. Hmm.. Lapisan Vari. Enak mana ya dibandingkan sama lapis legit?
Btw, selain nama, ada satu hal lagi yang menghalangi gue untuk merealisasikan blog ini: about the story inside. Entah mengapa gue berpikir bahwa kisah hidup gue adalah harta yang sangat berharga, yang sayang banget buat disebar kemana-mana. Tapi, gue teringat dengan firman Allah.
Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya (QS. Ali Imran ayat 92)
Yah, karena kisah hidup gue adalah harta yang cukup gue cintai, semoga aja dengan menceritakannya, gue bisa sampai kepada kebajikan yang sempurna.. Amiin.. (dengan bukan postingan sampah, tentunya :P)
Pokoknya, gue berharap dengan blog ini, kalian bisa mengenal gue lebih jauh, mengambil hikmah dari kisah-kisah hidup gue, dan mengambil manfaat dari tulisan-tulisan gue. Doakan supaya gue ngga banyak nyampah, doakan supaya gue bisa rajin posting, dan doakan supaya bahasa penulisan gue makin terasah dengan baik^^
Akhirul kalam, aku buka blog baru ini dengan membaca
Sekian postingan pertama gue. Ditunggu feedback dan tukeran linknya!
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…
~ngga nyangka postingan pertama gue bisa panjang ~

8 comments:

  1. Tembra Says:
  2. Tes...

    ~^^

  3. shandyisme Says:
  4. Assalamu'alaikum..

    Komen pertama nih..hehe

    Selamat bergabung, tembra!

    Ditunggu ya tulisan-tulisannya...=D

    ~Salam Blogger dari http://shandyisme.com

  5. Tembra Says:
  6. Waalaikumsalam..

    hehe, makasih atas kunjungannya..

    doakan saja supaya bisa rajin posting^^

  7. TaMie Says:
  8. wehehehehoi.. kocak abis dah kalo ampe kejadian lo beli domain tempe.pe or tembok.bok
    XD XD XD

    moga betah di blogspot!! ga kayak yg lain pada main hati sama wordpress.. ;P

    sukses dah!!

  9. TaMie Says:
  10. o ya, dalam kurung (Pipit) di blog link gw jangan ampe diganti ama a friend of pillow ya...

    okey dey..

    trus trus ada blog baru punyanya keputrian fuki loh..
    tp blom gw isi, besok deh.. hehe

    fresh from the oven, baru aja dilaunching...

    http://keputrianfuki.wordpress.com

    akhirnya gw lah yg main hati dengan wordpress XP

  11. Tembra Says:
  12. @pipit aka guling : isi blognya baru knalan tuuh.. isi lg dnk.. isi kajian2 kek ^^

  13. muffie Says:
  14. thanx wat info na....

  15. eee... sama-sama..
    (info yang mana ya, btw? XD)

    ~subhanallah... ada yang komen lagi di postingan pertamax! XD

Post a Comment

Daripada menggunakan "Anonymous" untuk memberi comment, sebaiknya gunakan "Name/URL". URL bisa dikosongkan jika memang dikehendaki.. :)

Terima kasih :)